19 Maret 2020

VERVAL PD 2020


Cara Edit NISN Siswa di Verval PD New 2019  – Salam satu data. Pada kesempatan ini admin akan membagikan informasi bagaimana Cara Edit NISN Siswa di Verval PD New 2019.
Jika anda seorang operator sekolah mungkin tidak akan asing tentang vervalpd. vervalpd adalah singkatan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik. Fungsi dari vervalpd adalah untuk merubah data validasi NISN, nama siswa, NIK, Tempat dan tanggal lahir maupun nama ibu kandung siswa yang telah masuk di aplikasi dapodik.
Untuk merubah data siswa tersebut kita harus masuk ke laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Namun kini laman tersebut telah berubah menjadi http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id. Tentunya kita harus beradaptasi lagi dengan tampilan vervalpd terbaru ini. Semuanya hampir sama dengan laman yang lama, namun tampilannya saja yang mungkin agak berbeda.
Baiklah langsung saja kita mulai langkah-langkah 
2. Masukkan Username dan Password
3. Jika login berhasil, anda akan diarahkan ke menu beranda
4. Selanjutnya silahkan anda klik “Edit NISN”
5. Kemudian klik pada bagian kolom “daftar siswa” dan ketikkan nama siswa yang akan diedit NISN-nya dan pilih
6. Setelah memilih siswa yang akan di edit NISN-nya, maka akan ditampikan tabel Data NISN saat ini yang berada di arsip. Data-data tersebut meliputi: NISN, NIK, Nama siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin.
7. Pada bagian atas tabel terdapat kolom isian NISN baru atau NISN yang akan di klaim.
8. Ketikkan NISN baru atau NISN yang akan diklaim dengan syarat NISN tersebut adalah “NISN yang tidak terpakai oleh siswa aktif dan yang tercatat di data arsip”.
9. Setelah mengisikan NISN Baru atau NISN yang akan diklaim,kemudian ‘klik’ tombol “Cek Data Master”.
10. Kemudian akan muncul “Tabel Indeks Kemiripan”. Pada tabel tersebut akan ditampilkan indeks kemiripan data arsip NISN Baru atau NISN yang akan diklaim dibandingkan data arsip NISN Lama atau yang sedang digunakan saat ini.
11. Data variabel identitas yang dibandingkan kemiripannya meliputi NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis kelamin. Setiap variabel identitas memiliki indeks kemiripan masing-masing dengan indeks kemiripan maksimal yaitu 100, yang artinya data tersebut mirip/ sama. Indeks kemiripan yang muncul merupakan hasil dari pengelohan sistem.
12. Setiap Variabel Identitas memiliki Indeks Kemiripan masingmasing yang kemudian akan dijumlahkan semua dan dibagi dengan jumlah variabel identitas. Dari situ akan muncul Indeks Kemiripan keseluruhan.
13. “Menu Update akan terbuka jika indeks kemiripan (keseluruhan) lebih dari 80”. Apabila Indeks Kemiripan 80 ke bawah maka tidak dapat Upload Dokumen Pendukung (Ijazah atau Print Screen (NISN), dan akan muncul simbol larangan ( ) apabila cursor mouse diarahkan pada tombol browse file dan update data.
14. Apabila Indeks Kemiripan lebih dari 80 maka dapat Upload Dokumen Pendukung dan dapat Update Data. Data pengajuan edit NISN yang di update kemudian akan masuk ke Tabel Pengajuan Edit NISN. Di dalam tabel tersebut tertera kolom Tanggal Pengajuan, NISN Lama, NISN Baru, Nama Siswa, Status Pengajuan, dan Keterangan.
15. Apabila dalam kolom status muncul icon ( ) berarti pengajuan masih “Proses”, bila muncul icon ( ) berarti pengajuan “Disetujui”, dan bila muncul icon ( ) berarti pengajuan “Ditolak”. Aproval Pengajuan Edit NISN dilakukan oleh PDSPK.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih saudaraku