22 Maret 2020

Download Soal Try Out Ujian Nasional UN SMP tahun 2020

Ujian Nasional tahun 2020 merupakan amanat dari Undang Undang Nomor 20 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Tujuan Ujian Nasional sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005 adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Hasil Ujian Nasional tahun 2020 akan dijadikan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di daerahnya masing-masing.
Selain itu, pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2020 juga memiliki beberapa tujuan lain sebagai berikut.
  1. Menjadi pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.
Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, nonformal kesetaraan dan informal wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Peserta didik wajib mengikuti Ujian Nasional rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.
Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.
Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.
Berdasarkan hal tersebut, maka setiap peserta didik diwajibkan untuk mengikuti UJian Nasional tahun 2020 dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi lulusan secara nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih saudaraku